Bayi 8 Bulan di Sumut yang Dicurigai Hepatitis Akut Meninggal Dunia, Begini Penjelasan Rumah Sakit

Selasa, 17 Mei 2022 – 14:42 WIB
Bayi 8 Bulan di Sumut yang Dicurigai Hepatitis Akut Meninggal Dunia, Begini Penjelasan Rumah Sakit - JPNN.com Sumut
Dinkes DKI Jakarta memperkuat antisipasi hepatitis akut misterius. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Bayi berusia delapan bulan di Sumatera Utara (Sumut) yang diduga terkena hepatitis akut misterius, meninggal dunia.

Ketua Tim Dokter Penanganan Hepatitis Akut RSUP Haji Adam Malik dr Ade Rachmat Yudiyanto membenarkan informasi tersebut. Dia mengatakan anak itu meninggal pada Sabtu (14/5).

"Bayi delapan bulan yang kemarin sempat disangkakan hepatitis akut benar sudah meninggal dunia pada Sabtu, 14 Mei 2022 jam 20.40 WIB," kata dr Ade, Selasa (17/5).

Ade menyebut pihaknya telah melakukan sejumlah pemeriksaan terhadap korban untuk mendeteksi penyakit yang diderita pasien, termasuk pemeriksaan darah. Namun, dari hasil pemeriksaan ditemukan ada sejumlah gangguan yang menyebabkan korban meninggal dunia.

"Diagnosa akhir dari pasien ini, yang pertama gagal nafas karena memang ada radang pada paru-parunya. Ditambah lagi ada gangguan sirkulasi jantungnya yang disebabkan bakteri tadi. Ditambah, ada infeksi bakteri berat," kata Ade.

Ade menjelaskan pasien tersebut mulai dirawat di RSUP Haji Adam Malik ada Sabtu (7/5) lalu. Selama perawatan sempat terjadi perburukan kondisi pasien hingga akhirnya meninggal.

"Ya dia masuk hari Sabtu dan meninggal di hari Sabtu," sebutnya.

Dia memastikan sejauh ini belum ada kasus hepatitis akut di Sumut. Jika sebelumnya, ada kasus yang ditemukan, kata Ade, statusnya itu masih probable.

Ketua Tim Dokter Penanganan Hepatitis Akut RSUPH Adam Malik dr Ade Rachmat Yudiyanto membenarkan informasi bayi 8 bulan yang dicurigai hepatitis akut meninggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News