Surya Paloh Singgung Sikap PDIP Soal Hak Angket: NasDem akan Evaluasi

Kamis, 21 Maret 2024 – 07:55 WIB
Surya Paloh Singgung Sikap PDIP Soal Hak Angket: NasDem akan Evaluasi - JPNN.com Sumut
Surya Paloh. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan akan mengevaluasi usulan hak angket terkait pelaksanaan Pemilu 2024. Dia mengatakan partainya masih melihat perkembangan wacana teresebut termasuk sikap dari PDIP sebagai partai mayoritas di DPR RI.

Surya Paloh mengatakan pihaknya sangat bersimpati dan menghormati usulan hak angket, meskipun partainya saat ini masih mengevaluasi isi usulan termasuk dampaknya terhadap kepentingan bangsa.

"Concern NasDem itu kepentingan nasional, berulang kali saya katakan di mana saja, persatuan nasional itu di atas kepentingan pemilu ini sendiri, apalagi hak angket. Jadi, kami serahkan kepada kawan-kawan yang ingin meneruskan hak angket, tentu NasDem amat sangat menaruh rasa simpati dan respek itu berjalan. Bagaimana sikap NasDem? Kami akan evaluasi," kata Surya Paloh menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Rabu (20/3) malam.

Dia menyebut NasDem akan mencermati perkembangan usulan angket bergulir di DPR, termasuk progres dari partai yang menduduki mayoritas parlemen, yaitu PDIP.

PDI Perjuangan juga menjadi salah satu partai politik yang menggulirkan usulan hak angket tersebut.

"Rekan-rekan dari PDIP yang pertama kali sekali mengambil inisiatif untuk menggulirkan (usulan, red.) hak angket. Ah kita lihat ini sejauh mana progress-nya berjalan," ujar Surya Paloh.

Surya mengatakan posisi Partai NasDem bukan partai yang menduduki kursi mayoritas atau partai dengan suara terbanyak.

"Jadi, partai dengan jumlah perolehan suara yang tidak nomor satu pada Pemilu 2024, bolehlah ikut lihat-lihat dulu pada partai yang mendapatkan kursi paling banyak," kata Surya Paloh.

Ketua Umum NasDem Surya Paloh menegaskan akan mengevaluasi sikap partainya terkait usulan hak angket dan akan melihat sikap PDIP sebagai partai mayoritas
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News