Keren! Lomba Perahu Tradisional Solu Bolon Meriahkan Kejuaraan Jetski Dunia di Danau Toba

Jumat, 17 November 2023 – 19:37 WIB
Keren! Lomba Perahu Tradisional Solu Bolon Meriahkan Kejuaraan Jetski Dunia di Danau Toba - JPNN.com Sumut
Kompetisi Balap Dayung "Solu Bolon" di kawasan Waterfront City, Pangururan, Samosir pada 24 November 2023 turut memeriahkan even Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - InJourney atau PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) menghadirkan perlombaan perahu tradisional Solu Bolon dalam gelaran Aquabike Jetski World Championship yang berlangsung di Danau Toba pada 22-26 Novemnber 2023.

Direktur Pemasaran InJourney Maya Watono mengatakan kompetisi balapan perahu tradisional ini akan diikuti tim dari delapan kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba.

"Kompetisi Solu Bolon akan menjadi warna tersendiri dalam memeriahkan ajang Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba. Dengan keikutsertaan tim dari kabupaten di sekitar Danau Toba, kompetisi ini akan menjadi bagian dari pesta rakyat yang meriah dan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat yang hadir di Danau Toba," kata Maya di Kota Medan, Jumat (17/11).

Dia menyebut kompetisi ini akan memperebutkan piala bergilir Danau Toba dengan total hadiah Rp 250 juta. Selain itu, pihaknya juga menyediakan hadiah bagi suporter terbaik dengan jumlah Rp 10 juta.

Solu Bolon adalah alat transportasi tradisional yang digunakan masyarakat yang tinggal di Danau Toba yang menghubungkan antarkampung dan telah menjadi tradisi dari Sumatera Utara.

Alat transportasi tradisional ini dahulunya hanya dimiliki oleh orang-orang besar atau yang berstatus sebagai raja serta punya pengaruh besar terhadap masyarakat di dalam satu desa di kawasan Danau Toba.

"Adanya kompetisi Solu Bolon berbarengan dengan ajang internasional Aquabike Jetski World Championship merupakan upaya kami untuk terus melestarikan tradisi masyarakat sekitar Danau Toba. Hal ini juga sebagai upaya memperkenalkan tradisi ini kepada dunia. Dengan begitu, akan semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke Danau Toba,” ungkap Maya Watono.

Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin berharap masyarakat bisa menyaksikan kompetisi perahu tradisional Solu Bolon di kawasan Danau Toba itu.

Kompetisi perahu tradisional Solu Bolon akan dihelat di Danau Toba dalam memeriahkan kejuaraan internasional Aquabike Jetski World Championship
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia