Oknum Pejabat Disdikbud Kota Medan Arahkan Menangkan Prabowo-Gibran, Seret Nama Bobby Nasution, Bawaslu Medan Bergerak

Selasa, 16 Januari 2024 – 18:29 WIB
Oknum Pejabat Disdikbud Kota Medan Arahkan Menangkan Prabowo-Gibran, Seret Nama Bobby Nasution, Bawaslu Medan Bergerak - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Bawaslu Kota Medan telusuri video viral oknum pejabat di Disdikbud Kota Medan yang mengarahkan dukungan ke paslon Prabowo-Gibran. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan tengah menyelidiki dan menelusuri terkait video seorang pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Medan yang mengarahkan dukungan ke pasangan calon presiden Prabowo-Gibran. Video berdurasi 2 menit 15 detik itu belakangan beredar dan menjadi viral di media sosial.

Ketua Bawaslu Kota Medan David Reynold mengatakan pihaknya telah mengetahui dan menemukan video berisi seorang pejabat di Disdikbud Kota Medan yang mengarahkan pilihan ke salah satu pasangan calon presiden tersebut.

“Kami sudah melihat video tersebut, saat ini kami sedang melakukan penelusuran dan penyelidikan unsur pelanggaran yang dilakukan oknum pejabat itu,” kata David Reynold saat dikonfirmasi, Selasa (16/1).

David menjelaskan Bawaslu Kota Medan telah melakukan penelusuran salah satunya mengecek tempat kejadian perkara (TKP) saat perekaman video dilakukan.

Dia menyebut pihaknya telah melihat rekaman video yang beredar tersebut dan membenarkan bahwa oknum pejabat itu adalah Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (Kabid SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Medan Andy Yudhistira.

“Selanjutnya kami akan melakukan penelusuran terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan yang bersangkutan,” kata David.

David menyebut dari status yang bersangkutan sebagai aparatur sipil negara (ASN) ada unsur pelanggaran saat mengarahkan dukungan kepada salah satu peserta Pemilu 2024.

“Kalau secara aturan, karena status yang bersangkutan adalah ASN, tentu ini ada pelanggaran. Ini yang nanti sedang kami lakukan penelusuran dan kajian, hasilnya nanti akan kami sampaikan,” ujar David.

Bawaslu Kota Medan tengah menelusuri beredarnya video seorang pejabat di Disdikbud Kota Medan yang mengarahkan kepsek memilih paslon Prabowo-Gibran
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News