Pj Gubsu Hassanudin: Keindahan Danau Toba Bisa Hancur Kalau Tidak Dijaga

Selasa, 05 Desember 2023 – 17:23 WIB
Pj Gubsu Hassanudin: Keindahan Danau Toba Bisa Hancur Kalau Tidak Dijaga - JPNN.com Sumut
Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin. Foto: Antara/Anggi Luthfi Panggabean

sumut.jpnn.com, MEDAN - Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meminta semua pihak turut menjaga kelestarian lingkungan kawasan Danau Toba sebagai salah satu upaya mencegah bencana alam.

Hassanudin mengatakan keindahan alam dan lingkungan di danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara itu harus dijaga oleh semua elemen masyarakat karena Danau Toba berstatus Destinasi Super Prioritas.

"Pelestarian kawasan Danau Toba harus dijaga bersama-sama untuk mencegah bencana. Jangan sampai kerusakan lingkungan di Danau Toba menjadi ancaman bencana seperti yang terjadi beberapa hari lalu," kata Hassanudin, Selasa (5/12).

Mantan Pangdam I Bukit Barisan ini mengatakan Pemprov Sumut terus mendorong pelestarian lingkungan di kawasan Danau Toba dengan melibatkan semua unsur masyarakat.

Selain itu, Hassanudin juga mendorong rancangan peraturan daerah (Perda) tentang pelestarian lingkungan di kawasan Danau Toba.

“Hal ini untuk mengantisipasi seperti ini (bencana, termasuk dampak lingkungan lainnya. Saya sudah berkeliling dan melihat ada air terjun. Danau Toba ini misalnya, saya lihat di (bagian) atas ada Kabupaten Dairi, sedangkan di bawah ada Samosir, sangat indah sekali, ini harus terus di jaga,” tegas Hassanudin.

Menurutnya, dengan adanya peraturan daerah tersebut menjadi salah satu langkah konkret untuk menjaga pelestarian dan lingkungan di wilayah ini.

"Kalau tidak diatur, keindahan alam Danau Toba akan hancur ke depannya,” pungkasnya.(antara/jpnn)

Pj Gubernur Sumut Hassanudin meminta semua elemen masyarakat menjaga kelestarian lingkungan di Danau Toba agar tidak rusak dan menjadi ancaman bencana

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News