Menparekraf Sandiaga Uno Bangga, Kejuaraan Olahraga Air di Danau Toba Mengharumkan Nama Indonesia

Minggu, 26 November 2023 – 16:13 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno Bangga, Kejuaraan Olahraga Air di Danau Toba Mengharumkan Nama Indonesia - JPNN.com Sumut
InJourney menyebut sebanyak 118 pebalap dari 22 negara akan ambil bagian dalam kegiatan Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba pada 22-26 November 2023 yang digelar di empat kabupaten, yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, BALIGE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah terbaik dalam penyelenggaraan olahraga tingkat dunia khususnya olahraga air yang digelar di Danau Toba.

Sandiaga Uno mengatakan hal itu setelah berbincang dengan founder H2O Racing, Nicolo Di San Germano di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

“Dalam perbincangan saya dengan founder H2O Racing, Nicolo, saya mendapatkan laporan bahwa Indonesia menjadi penyelenggara terbaik dalam gelaran Aquabike Jetski dan hal ini akan disampaikan di Sharjah pekan depan,” kata Sandiaga di Balige, Minggu (26/11).

Menteri Sandiga Uno mengatakan Indonesia, khususnya kawasan Danau Toba mendapatkan kepercayaan sebagai lokasi penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023. Kejuaraan dunia balapan air ini diikuti oleh 118 pebalap dari berbagai negara.

“Ini merupakan sejarah baru, Danau Toba selama 1 tahun menggelar 2 kejuaraan internasional. Untuk Aquabike Jetski World Championship 2023 bisa menarik lebih dari 100 ribu penonton. Berdasarkan informasi dari InJourney selama dua hari berlangsung, sebanyak 50 ribu lebih penonton menyaksikan acara ini,” kata Sandiaga.

Dia berharap melalui kejuaraan balapan jetski ini mampu memberikan dampak bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta UMKM di kawasan Danau Toba.

Sandiaga menilai dampak nyata dari penyelenggaraan balapan jetski adalah meningkatknya keterisian hotel dan meningkatnya penjualan produk UMKM.

“Dampak ekonomi bagi masyarakat bagi empat kabupaten sebagai lokasi event mendapatkan pengaruh baik,” ujar Sandi.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan kebanggaannya setelah Indonesia dinilai sukses menjadi tuan rumah terbaik olahraga air
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News