Pj Gubernur Sumut Ultimatum Seluruh Kepala Desa Harus Bersikap Netral pada Pemilu 2024

Jumat, 24 November 2023 – 17:05 WIB
Pj Gubernur Sumut Ultimatum Seluruh Kepala Desa Harus Bersikap Netral pada Pemilu 2024 - JPNN.com Sumut
Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin. Foto: Antara/Anggi Luthfi Panggabean

sumut.jpnn.com, MEDAN - Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meminta kepada seluruh kepala desa di Provinsi Sumatera Utara agar bersikap netral pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pj Gubsu Hassanudin mengatakan meski para kepala desa dan aparatur sipil diperbolehkan memilih, tetapi tidak diperbolehkan memihak ke salah satu pasangan calon.

"Walau kepala desa dan aparatur sipil negara itu boleh memilih, tapi mereka tidak boleh berpihak kepada salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden hingga caleg di Pemilu 2024," kata Hassanudin di Medan, Jumat (24/11).

Dia mengatakan seorang kepala desa dan perangkatnya memiliki kekuatan untuk mobilisasi massa sehingga rawan dimanfaatkan peserta pemilu untuk kepentingan massa kampanye.

"Tahun 2024 merupakan tahun politik, tapi menjadi aparatur dan petugas itu sudah ada rambu-rambunya untuk netral," kata Hassanudin.

Oleh karena itu, kepala desa harus bersikap netral agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan damai.

Sebelumnya, Hassanudin juga meminta aparatur sipil negara di lingkungan kerja Pemprov Sumut harus bersikap netral atau tidak terlibat politik praktis pada Pemilu dan Pilkada 2024.

"Pemprov Sumut sudah mengeluarkan surat edaran untuk sikap netral dilakukan ASN selama pelaksanaan Pemilu 2024," sebutnya.

Pj Gubernur Sumut Hassanudin meminta kepala desa di seluruh Provinsi Sumut untuk bersikap netral pada Pemilu 2024 mendatang
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia