Empat Puskesmas di Madina-Sumut Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI

Minggu, 05 November 2023 – 06:00 WIB
Empat Puskesmas di Madina-Sumut Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI - JPNN.com Sumut
Ilustrasi puskesmas. Foto: ANTARA/Nirkomala

sumut.jpnn.com, MANDAILING NATAL - Tim survei Lembaga Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna (LPA PKP) Kementerian Kesehatan RI menetapkan empat puskesmas di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut) meraih akreditasi paripurna. Hal tersebut berdasarkan hasil reakreditasi bulan September 2023.

Empat puskesmas yang berhasil meraih akreditasi paripurna itu yaitu Puskesmas Kotanopan, Kecamatan Kotanopan, Puskesmas Panyabungan Jae, Kecamatan Panyabungan, Puskesmas Kayu Laut, Kecamatan Panyabungan Selatan dan Puskesmas Siabu. Kecamatan Siabu.

Kepala Dinas Kesehatan Mandailing Natal (Madina) dr Faisal Situmorang mengatakan dari tujuh puskesmas yang sudah di reakreditasi pada bulan September lalu, ada empat puskesmas yang berhasil meraih akreditasi paripurna.

"Hingga bulan Oktober untuk sementara sudah ada empat puskesmas yang berhasil meraih akreditasi paripurna. Saat ini reakreditasi masih berlangsung. Kita berdoa dan berharap akreditasi paripurna nanti bisa bertambah," kata Faisal, Sabtu (4/11).

Dia mengatakan proses akreditasi puskesmas ini berlangsung secara simultan yakni per lima tahun. Hal tersebut sesuai dengan aturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Faisal menyebut tahun 2023 ada 26 puskesmas dan lima klinik yang diakreditasi oleh tim survei.

Sejak September hingga Oktober belasan puskesmas yang diakreditasi oleh tim, ditarget seluruh puskesmas dan klinik yang ada di Kabupaten Madina sudah selesai disurvei di bulan Desember 2023.

"Akreditasi ini simultan. Tahun 2017 dan 2018, akreditasi rumah sakit dan puskesmas juga sudah pernah dilaksanakan. Nah, untuk tahun ini yang melaksanakan reakreditasi ada 26 puskesmas dan lima klinik," ungkap Faisal.

Empat puskesmas di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) meraih akreditasi paripurna dari Kemenkes RI
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News