Bandara Mandailing Natal Ditarget Mulai Beroperasi pada 2024

Selasa, 31 Oktober 2023 – 15:57 WIB
Bandara Mandailing Natal Ditarget Mulai Beroperasi pada 2024 - JPNN.com Sumut
Progres pembangunan sisi darat bandara Mandailing Natal, Sumatera Utara. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MANDAILING NATAL - Bandara Mandailing Natal yang berada di Desa Sidojadi, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, ditarget akan mulai beroperasi pada April 2024 mendatang. Bandara baru di Sumatera Utara ini akan menampung pesawat tipe ATR 72.

"Target kami paling lambat awal April 2024 sudah bisa beroperasi," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Bandara Mandailing Natal Kantor UPBU Aek Godang, Agus Indrawan di Mandailing Natal, Selasa (31/10).

Dia menjelaskan Bandara Mandailing Natal ini memiliki panjang run way 1.450 x 30 meter dan menggunakan landasan pacu aspal Concrete AC – WC.

Sedangkan taxiway (landasan penghubung) memiliki panjang 75 meter dan lebar 15 meter.

Bandara ini memiliki pelataran parkir pesawat atau Apron dengan panjang 105 meter x 65 meter, sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar yaitu ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang.

ATR 72 sendiri adalah pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop. Pesawat ini memiliki kapasitas hingga 72 penumpang dalam konfigurasi kelas tunggal dan dioperasikan oleh dua kru penerbang.

Agus Indrawan menyampaikan jika saat ini ada dua progres pembangunan fisik yang sedang berlangsung, yakni pembangunan fasilitas sisi udara dan fasilitas sisi darat.

Dia mengatakan pembangunan fisik, yakni pembangunan fasilitas sisi udara progresnya sudah mencapai angka 84 persen.

Bandara Mandailing Natal di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut) ditarget mulai beroperasi pada April 2024
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News