Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan

Jumat, 06 Oktober 2023 – 16:09 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut Hari Ini, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BMKG memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di pegunungan Sumatera Utara, warga diminta waspadai banjir dan longsor. Foto: tangkapan layar

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Jumat (6/10). Potensi hujan lebat yang terjadi dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.

“Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di pegunungan dan pantai Timur Sumatera Utara berpotensi mengakibatkan bencana seperti banjir dan longsor,” kata prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata cerah berawan.

Namun, berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Sumatera Utara seperti di Asahan, Batubara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Karo, Dairi, Samosir, Toba, Simalungun, Samosir, dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak siang dan sore hari, lanjutnya, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan sedang diprakirakan akan terjadi di sejumlah wilayah seperti Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Asahan, Deli Serdang, Simalungun, Tapanuli Utara, Samosir, Toba, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Madina, dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, sebagian besar wilayah di Sumatera Utara berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Wilayah yang berpotensi diguyur hujan tersebut seperti wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Sibolga, Tapanuli Tengah, Simalungun, Pematang Siantar, Asahan, Samosir, Toba, Tapanuli Utara, Padangsidempuan, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, dan sekitarnya.

Sementara beranjak dini hari, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah seperti Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Simalungun, Pematang Siantar, Asahan, Samosir, Toba, dan sekitarnya.

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara yang berpotensi diguyur hujan lebat di wilayah pegunungan, masyarakat diminta waspada...
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia