RSUP Haji Adam Malik Kembangkan Aplikasi Khusus Penanganan Strok yang Terintegrasi dengan RS Daerah

Selasa, 03 Oktober 2023 – 14:42 WIB
RSUP Haji Adam Malik Kembangkan Aplikasi Khusus Penanganan Strok yang Terintegrasi dengan RS Daerah  - JPNN.com Sumut
RSUP Haji Adam Malik sediakan aplikasi khusus yang terintegrasi dengan rumah sakit seluruh Sumut dalam penanganan strok. Ilustrasi Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, akan meluncurkan aplikasi khusus untuk penanganan strok yang terintegrasi dengan seluruh rumah sakit di Provinsi Sumatera Utara.

Direktur Utama RSUP Haji Adam Malik dr Zainal Safri mengatakan aplikasi tersebut bertujuan agar rumah sakit di daerah mampu melayani kasus strok tanpa harus dirawat di rumah sakit rujukan.

"Aplikasi ini untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit daerah agar bisa melayani lebih baik lagi dalam kasus strok," ujar dr Zainal Safri dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan, Selasa (3/10).

Dia mengatakan ke depan diharapkan rumah sakit daerah juga bisa melakukan tindakan layanan strok, sehingga tidak terjadi penumpukan pasien di RSUP Haji Adam Malik yang merupakan rumah sakit rujukan.

Aplikasi ini diberi nama "Code Stroke" yang dikembangkan oleh Kelompok Staf Medis (KSM) Neurologi RSUP Haji Adam Malik. Aplikasi ini sudah disosialisasikan kepada rumah sakit daerah dan rumah sakit swasta pada Senin (2/10), serta akan di luncurkan dalam waktu dekat.

Sementara itu, Ketua KSM Neurologi RSUP Haji Adam Malik Dr dr Iskandar Nasution mengatakan aplikasi "Code Stroke" tidak hanya dimanfaatkan untuk rujukan pasien agar lebih cepat dan tepat.

Iskandar mengatakan bahwa melalui aplikasi tersebut akan dilakukan pendampingan terhadap rumah sakit daerah agar bisa menangani pasien strok.

"Misalnya, rumah sakit daerah ingin melakukan trombolisis, ada kendala dan RSUP H Adam Malik cepat membantu," kata Iskandar.

RSUP Haji Adam Malik mengembangkan aplikasi penanganan kasus strok yang terintegrasi dengan rumah sakit swasta dan daerah
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News