Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Senin, 25 September 2023 – 18:28 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi bahwa sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Senin (25/9).

BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara pada Senin sore dan malam.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di kawasan pantai Timur, lereng Timur, pegunungan, dan pantai Barat Sumatera Utara.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai oleh masyarakat karena berpotensi dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata Putri Diana Tarigan.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara hari ini pada siang dan sore berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Karo, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Dairi, dan Pakpak Bharat.

Sedangkan pada malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Simalungun, Pematangsiantar, Asahan, Batubara, Toba, dan Samosir.

Pada dini hari, berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Karo, Dairi, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Simalungun, Pematangsiantar, Asahan, dan Barubara.

Sementara, suhu udara rata-rata 16-33 derajat celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen dan angin berembus dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara hari ini, Senin (25/9), berikut wilayah yang berpotensi hujan..

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News