Tilap Beasiswa Mahasiswa, Wakil Rektor Univa Labuhanbatu Ditangkap Kejati Sumut

Selasa, 19 September 2023 – 06:00 WIB
Tilap Beasiswa Mahasiswa, Wakil Rektor Univa Labuhanbatu Ditangkap Kejati Sumut - JPNN.com Sumut
Kejati Sumut membawa terdakwa ke Rutan Kelas I Medan, Sumatera Utara, Senin (18/9/2023). Foto: Antara/HO - Kejati Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wakil Rektor II Universitas Al Washliyah (Univa) Labuhanbatu iniasial MAR ditangkap tim Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) dalam kasus dugaan korupsi beasiswa mahasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Selain MAR, Kejati Sumut juga menangkap tersangka lainnya yang merupakan rekanan berinisial SH, RK, dan HN.

“Kasus ini bermula dari beasiswa KIP dari Kemendikbud RI tahun anggaran 2021-2022 kepada 233 mahasiswa di Univa dengan besaran Rp 7,2 juta per mahasiswa,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumut Yos Arnold Tarigan di Medan, Senin (18/9).

Yos menjelaskan dari anggaran yang disediakan bagi mahasiswa melalui bantuan KIP tersebut akan dibagi ke dalam dua kategori yaitu biaya pendidikan Rp 2,4 juta dan biaya hidup Rp 4,8 juta.

Penyaluran bantuan tersebut, untuk biaya pendidikan langsung dikirim melalui rekening kampus Univa, sedangkan biaya hidup dikirim ke rekening masing-masing mahasiswa.

“Tersangka MAR bersama pihak swasta diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap dana biaya hidup Rp 4,8 yang dikirim ke mahasiswa pada semester pertama. Dana yang dikutip tersangka bervariasi mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 3,1 juta,” ungkap Yos Tarigan.

Yos mengatakan MAR mewajibkan mahasiswa untuk menyetor uang yang diterima dari Bank Mandiri Cabang Rantauprapat kepadanya maupun melalui pihak swasta yang bertindak sebagai koordinator.

Total dana yang dipungut dari 321 mahasiswa itu, kata Yos Tarigan, berjumlah sekitar Rp 662 juta.

Wakil Rektor II Universitas Al Washliyah (Univa) dalam kasus dugaan pungutan liar (pungli) terhadap beasiswa KIP Kemendikbud RI
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News