Banjir Rendam Puluhan Rumah dan Sawah di Batu Bara, Warga Kritisi Kepemimpinan Bupati Zahir

Kamis, 07 September 2023 – 06:00 WIB
Banjir Rendam Puluhan Rumah dan Sawah di Batu Bara, Warga Kritisi Kepemimpinan Bupati Zahir - JPNN.com Sumut
Kondisi puluhan rumah warga di Desa Kuala, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut) yang terendam banjir, Rabu (6/9). Foto; Dokumentasi warga

sumut.jpnn.com, BATU BARA - Curah hujan yang cukup tinggi mengguyur Kabupaten Batu Bara sejak sepekan terakhir menyebabkan puluhan rumah warga di Desa Kuala, Kecamatan Sei Balai, terendam banjir, Rabu (6/9). Warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan menumpang di rumah sanak keluarga.

Selain merendam puluhan rumah, banjir juga menutup area persawahan sehingga warga takdapat mencari nafkah. Banjir menerjang rumah warga setelah sungai tak mampu menampung curah hujan.

Aini, warga setempat mengatakan desa mereka sudah menjadi langganan banjir tatkala datang musim penghujanan. Namun, meski saban tahun didera banjir, dia menyebut masalah tersebut tak juga kunjung diselesaikan oleh pemerintah daerah.

“Kami minta tolong kepada perangkat desa, sama Bupati Zahir bagaimana nasib kami ini mengapa tidak ada solusi dari pemerintah untuk desa kami. Setiap turun hujan pasti desa kami banjir,” kata Aini kepada awak media.

Selain warga setempat yang terdampak, sejumlah pihak turut menyoroti kondisi banjir yang melanda wilayah Kabupaten Batu Bara.

Pemerhati masyarakat Batu Bara Ismail mengkritisi kinerja Bupati Zahir. Dia menilai hingga menjelang akhir masa jabatan sebagai Bupati Batu Bara, Zahir belum mampu menyelesaikan persoalan lingkungan yang ada seperti sampah dan banjir.

"Dari dulu banjir desa Kuala Sikasim ini tidak teratasi, harusnya normalisasi sungai dari hilir ke hulu menjadi perhatian khusus Pemkab Batu Bara. Artinya pemerintah desa, kecamatan maupun dinas terkait fokus ke solusi dan penanganan. Kalau seperti ini citra bupati terkesan buruk," kata Ismail.

Ismail mengatakan saat meninjau lokasi yang terdampak banjir, dia mengukur bahwa ketinggian air yang merendam rumah warga mencapai 50 sentimeter.

Banjir rendam puluhan rumah dan sawah warga di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Rabu (6/9). Warga yang kecewa mengkritisi kepemimpinan Bupati Zahir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News