Prakiraan Cuaca, BMKG: Malam Hari Sebagian Wilayah Sumut Berpotensi Diguyur Hujan

Jumat, 25 Agustus 2023 – 19:21 WIB
Prakiraan Cuaca, BMKG: Malam Hari Sebagian Wilayah Sumut Berpotensi Diguyur Hujan  - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara akan diguyur hujan lebat pada sore dan malam hari. Ilustrasi Foto: Antara/Irsan Mulyadi

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore dan malam hari.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Christin A Matondang mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak terjadinya bencana hidrometeorologi.

“Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau untuk selalu waspada kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor dan lainnya," kata Christin A Matondang di Medan, Jumat (25/8).

Christin mengatakan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan di beberapa wilayah, seperti di wilayah Langkat, Medan, Serdang Bedagai, Deli Serdang Batubara, Labuhanbatu Utara dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat diprediksi terjadi di wilayah Simalungun, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Sementara, pada malam hari, potensi hujan sedang hingga lebat diramal akan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Pakpak Bharat, Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Samosir, Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Langkat, Deliserdang, Medan, Nias, Padanglawas Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya, dan dini hari cuaca berawan banyak di wilayah Sumatera Utara.

Suhu udara, diperkirakan berada pada kisaran 16 sampai 32 derajat Celsius, dengan kelembapan udara antara 60-98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi sebagian besar wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore dan malam hari

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News