BMKG: Sebagian Besar Wilayah Sumut Berpotensi Hujan Lebat pada Sore Hari, Waspada Banjir

Rabu, 23 Agustus 2023 – 17:00 WIB
BMKG: Sebagian Besar Wilayah Sumut Berpotensi Hujan Lebat pada Sore Hari, Waspada Banjir - JPNN.com Sumut
BMKG memprediksi bahwa sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) aka diguyur hujan. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) pada hari ini, Rabu (23/8). Diperkirakan sebagian besar wilayah Sumut berpotensi diguyur hujan ringan hingga lebat pada sore hari.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan di pegunungan yang dapat mengakibatkan banjir dan longsor.

“Waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah sebagian lereng Timur, lereng Barat serta  pegunungan Sumatera Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir dan longsor," kata Prakirawan Martha Manurung, Rabu (23/8).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Pada pagi hari, potensi hujan terjadi di beberapa wilayah, yaitu Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu.

Beranjak siang dan sore hari, potensi hujan ringan hingga lebat diprakirakan terjadi hampir di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat diperkirakan terjadi di wilayah Langkat, Asahan, Simalungun, Humbang Hasundutan, Toba, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, diprediksi hujan sedang hingga lebat terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Tapanuli Utara, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Samosir, dan Mandailing Natal. Sedangkan dini hari,  sebagian besar wilayah Sumut berawan.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dan dapat berpotensi banjir serta longsor
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia