BMKG: Wilayah Pegunungan Sumut Diprediksi Hujan Lebat, Warga Diminta Waspadai Potensi Banjir

Sabtu, 05 Agustus 2023 – 17:02 WIB
BMKG: Wilayah Pegunungan Sumut Diprediksi Hujan Lebat, Warga Diminta Waspadai Potensi Banjir - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Banjir dan longsor melanda wilayah pegunungan Sumatera Utara. Foto: BPBD Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat di pegunungan Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir dan ongsor.

“Waspada hujan lebat di sebagian wilayah pegunungan dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan genangan air,” kata prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo, Sabtu (5/8).

Dia menjelaskan kondisi cuaca dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan di sebagian wilayah seperti Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan dan sekitarnya berpotensi hujan ringan.

Beranjak siang dan sore hari, kondisi cuaca masih berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah di Sumatera Utara.

Potensi hujan dengan intensitas sedang terjadi di Langkat, Deli Serdang, Langkat, Binjai, Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Samosir, Padang Lawas dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, berpotensi hujan ringan hingga lebat. Hujan lebat diprediksi terjadi di Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Toba, Asahan, Simalungun, Pematang Siantar, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Potensi hujan ringan masih terjadi pada dini hari di sebagian wilayah di Sumatera Utara, yakni di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 17.0 – 34.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 -30 km/jam.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia