BMKG Prediksi Daerah Pegunungan Sumut Diguyur Hujan, Warga Diminta Waspada Banjir

Rabu, 02 Agustus 2023 – 20:05 WIB
BMKG Prediksi Daerah Pegunungan Sumut Diguyur Hujan, Warga Diminta Waspada Banjir - JPNN.com Sumut
BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara untuk waspada potensi hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan banjir dan bencana hidrometeorologi lainnya. Ilustrasi. Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca terkait potensi hujan di Sumatera Utara (Sumut) dalam beberapa hari ke depan yang dapat menyebabkan banjir dan bencana hidrometeorologis lainnya.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung mengatakan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir dan angin kencang.

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap mewaspadai potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang,” kata Martha Manurung, Rabu (2/8).

Dia menjelaskan potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang bisa memicu genangan air bahkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya.

Martha mengatakan secara umum kondisi cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan, pada pagi hari cenderung berawan. Beranjak siang hingga sore hari, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Potensi hujan diprakirakan terjadi di beberapa daerah, di antaranya Kabupaten Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Humbahas, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Padang Lawas, dan sekitarnya.

Sedangkan beranjak malam hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih di beberapa lokasi, yaitu Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Humbahas, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Padang Lawas, dan sekitarnya.

Sementara untuk suhu udara, dia mengatakan rata-rata 17.0-32.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 60 -95 persen dan angin berhembus dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan rata-rata 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang, masyarakat diminta mewaspadai banjir

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia