Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Sebagian Wilayah Berpotensi Hujan Lebat, Waspada Banjir!

Selasa, 18 Juli 2023 – 16:21 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Sebagian Wilayah Berpotensi Hujan Lebat, Waspada Banjir! - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Banjir merendam akses jalan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) setelah hujanr deras di pegunungan. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) yang diprediksi berpotensi diguyur hujan lebat di sebagian wilayah yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo menyampaikan agar masyarakat mewaspadai perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba yaitu hujan sedang hingga lebat yang diiringi guntur dan angin kencang.

"Kondisi tersebut dapat terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Lereng Barat, Pantai Barat, dan Lereng Timur Sumatera Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan genangan air, banjir dan bencana hidrometeorologis lainnya. Kondisi ini harus selalu diwaspadai," kata Budi, Selasa (18/7).

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Potensi hujan diprediksi terjadi di Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Beranjak siang dan sore hari, potensi hujan ringan hingga lebat diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan dapat terjadi di Kepulauan Nias, Tapanuli Utara, Toba, Langkat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Padang Sidimpuan, Binjai dan sekitarnya.

Hujan ringan hingga lebat diperkirakan masih terjadi pada malam hari, yakni di Humbang Hasundutan, Dairi, Pakpak Bharat, Toba, Samosir, Tapanuli Tengah, dan sekitarnya.

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) yang berpotensi terjadi hujan lebat di sebagian besar wilayah Sumut yang menyebabkan banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia