BMKG: Warga Sumut Harus Waspadai Potensi Banjir Akibat Hujan Lebat di Pegunungan

Selasa, 06 Juni 2023 – 15:21 WIB
BMKG: Warga Sumut Harus Waspadai Potensi Banjir Akibat Hujan Lebat di Pegunungan - JPNN.com Sumut
BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi hujan lebat di wilayah pegunungan Sumut. Foto Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Selasa (6/6).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya banjir dampak dari hujan lebat terutama di pegunungan.

Dia menjelaskan masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca tiba-tiba, yaitu hujan lebat yang dapat diiringi guntur dan angin kencang di pegunungan dan Pantai Barat Sumatera Utara.

Kondisi tersebut, lanjutnya, dapat memicu terjadinya genangan air, banjir dan bencana hidrometeorologi lainnya di wilayah yang diterpa hujan lebat.

Aryo menyebut secara umum dalam dua hari ke depan pada pagi hari cerah berawan di seluruh wilayah Sumatera Utara.

Sedangkan beranjaksiang dan sore hari kondisi berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah. Potensi hujan sedang diprakirakan terjadi di Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Beranjak malam, lanjutnya, cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang yang diperkirakan terjadi di Tapanuli Selatan, Toba, Samosir, dan sekitarnya.

Sementara beranjak dini hari, cuaca diprediksi berawan hampir di seluruh wilayah Sumatera Utara.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara akan diguyur hujan yang diiringi guntur dan menyebabkan banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News