Basarnas Medan Evakuasi Kru Kapal Asing yang Sakit Dari Selat Malaka

Selasa, 18 Juli 2023 – 13:43 WIB
Basarnas Medan Evakuasi Kru Kapal Asing yang Sakit Dari Selat Malaka - JPNN.com Sumut
Tim Basarnas Medan mengevakuasi seorang kru kapal asing yang mengalami sakit saat melintas di perairan Selat Malaka. Foto: Humas Basarnas Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kantor Basarnas Medan berhasil melaksanakan proses evakuasi medis terhadap seorang kru kapal kargo MV Safeen Prime yang mengalami sakit di perairan Selat Malaka, berjarak 11 NM dari Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Kepala Basarnas Medan Budiono mengatakan pihaknya mengerahkan kapal SAR RB 203 dan menerjunkan personel rescuer untuk melakukan misi tersebut.

"Tim dengan menggunakan kapal RB SAR 203 bergerak dari Pelabuhan Belawan pada Senin (17/7) malam sekira pukul 23.30 WIB dan tiba di lokasi koordinat intercept yang telah ditentukan dengan nakhoda kapal MV Safeen Prime pada pukul 02.26 WIB," kata Budiono melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (18/7).

Budiono menjelaskan setiba di lokasi koordinat bertemu dengan kapal dan langsung melakukan upaya evakuasi kru yang dilaporkan sakit.

Setelah evakuasi berhasil, tim langsung memberikan pertolongan medis sementara di kapal RB 203 sebelum dibawa ke Pelabuhan Belawan.

"Tim evakuasi Basarnas Medan tiba di dermaga Pelabuhan Belawan pada pukul 03.40 WIB, selanjutnya mengevakuasi korban menuju rumah sakit Royal Prima Marelan," ungkapnya.

Dia menjelaskan pada Senin (17/7) tim Basarnas Medan menerima laporan bahwa seorang kru kapal mengalami radang usus buntu saat berlayar di perairan Selat Malaka.

Kapal MV Safeen Prime ini dalam pelayaran dari India menuju China yang diperkirakan akan tiba pada 29 Juli 2023 mendatang.

Basarnas Medan berhasil mengevakuasi kru kapal asing yang mengalami sakit saat melintas di perairan Selat Malaka
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News