BMKG: Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologis dalam Beberapa Hari ke Depan

Rabu, 05 Juli 2023 – 15:51 WIB
BMKG: Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologis dalam Beberapa Hari ke Depan - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Banjir dan longsor melanda wilayah pegunungan Sumatera Utara. Foto: BPBD Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) mewaspadai potensi terjadinya banjir, longsor, dan bencana hidrometeorologis lainnya dampak hujan lebat dalam beberapa hari ke depan.

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo mengatakan wilayah yang berpotensi diguyur hujan, yakni Pantai Barat, Pantai Timur dan pegunungan Sumatera Utara, khususnya pada sore dan malam hari.

"Masyarakat diimbau agar waspada karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut berpotensi dapat memicu terjadinya genangan air, banjir, longsor dan bencana hidrometeorologis lainnya," kata Aryo, Rabu (5/7).

Dia mengatakan secara umum dalam dua hari ke depan cuaca di Sumut pada pagi hari berawan.

Beranjak siang dan sore, lanjutnya, potensi hujan ringan hingga lebat terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara, seperti Kota Binjai, Kota Medan, Deli Serdang, Simalungun, Pematang Siantar, Toba, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya dan sekitarnya.

Sementara pada malam dan dini hari berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Sedangkan suhu udara berada pada 16.0-33.0 Derajat Celsius dengan kelembapan udara 65-95 persen dan angin berembus dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana hidrometeorologis di wilayah Sumatera Utara

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News