BMKG: Wilayah Sumut Berpotensi Diguyur Hujan yang dapat Sebabkan Banjir

Senin, 03 Juli 2023 – 17:11 WIB
BMKG: Wilayah Sumut Berpotensi Diguyur Hujan yang dapat Sebabkan Banjir - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Banjir merendam akses jalan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) setelah hujan deras di pegunungan. Foto: Dokumen JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan meminta warga mewaspadai potensi terjadinya banjir dan longsor.

"Masyarakat diimbau agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang di wilayah Lereng Timur, pegunungan hingga lereng Barat Sumatera Utara," kata Putri Diana di Medan, Senin (3/7).

Dia menjelaskan potensi hujan lebat yang disertai guntur berpeluang terjadi pada sore hingga malam hari yang diperkirakan dapat menyebabkan genangan air, banjir, longsor dan bencana hidrometeorologi.

Putri Diana mengatakan dalam dua hari ke depan cuaca pada pagi hari rata-rata berawan di wilayah Sumatera Utara.

Sedangkan beranjak siang dan sore hari, hujan ringan hingga sedang diprediksi akan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan dengan intensitas sedang terjadi di Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam hari, potensi hujan ringan hingga lebat diprakirakan akan mengguyur sejumlah wilayah di Sumatera Utara, seperti Kota Binjai, Kabupaten Karo, Humbang Hasundutan, Kota Padangsidempuan, Tapanuli Utara, Toba, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan sekitarnya.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang yang berpotensi banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News