Pimpinan KKB yang Terlibat Serangkaian Kejahatan Menghabisi Anggota TNI dan Polri Ditangkap

Senin, 22 Mei 2023 – 08:30 WIB
Pimpinan KKB yang Terlibat Serangkaian Kejahatan Menghabisi Anggota TNI dan Polri Ditangkap - JPNN.com Sumut
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, YAHUKIMO - Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berinisial KTH alias PH yang diringkus pihak kepolisian ternyata terlibat serangkaian aksi kejahatan di wilayah hukum Polres Yahukimo, Papua Pegunungan. KTH terlibat dalam penembakan terhadap anggota TNI dan dua personel Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan aksi kejahatan yang dilakukan KTH, di antaranya pembunuhan terhadap anggota TNI pada 4 November 2022.

Selanjutnya, kata Ahmad Ramadhan, KTH juga terlibat penembakan anggota Polres Yahukimo yang menyebabkan Brigpol Usdar meninggal dunia pada 29 November 2022.

"(Selain itu) penembakan terhadap anggota Brimob Satgas Preventif pada tanggal 30 November 2022 (dan) penembakan terhadap Polres Yahukimo pada tanggal 30 Desember 2022," kata Brigjen Pol Ahmad Rahmadhan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (21/5).

Dia mengatakan terkait penembakan anggota Brimob, pimpinan KKB itu telah ditetapkan sebagai tersangka karena telah ditemukan dua alat bukti keterlibatannya.

Brigjen Pol Ahmad Ramadhan membenarkan bahwa kepolisian menangkap salah seorang pimpinan KKB yang terlibat dalam serangkaian kejahatan dari sebuah lokasi pada Jumat, 19 Mei 2023.

"Pada hari Jumat, 19 Mei 2023, pukul 13.30 WIT, telah diamankan salah satu terduga (pimpinan) kelompok KKB inisial KTH alias PH," kata Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Penangkapan terhadap KTH berdasarkan penelusuran informasi dari AS, tersangka penembakan anggota Brimob pada 30 November 202, yang sebelumnya telah ditangkap polisi.

Seorang pimpinan KKB yang terlibat serangkaian penembakan terhadap anggota TNI dan Polri di Papua Pegunungan, diringkus polisi
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia