Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan, Lereng Barat dan Timur

Kamis, 18 Mei 2023 – 17:22 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Waspada Hujan Lebat di Pegunungan, Lereng Barat dan Timur - JPNN.com Sumut
Cuaca mendung yang berpotensi turun hujan. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca di Sumatera Utara hari ini, Kamis (18/5). Sebagian wilayah di Sumatera Utara diprediksi akan terjadi hujan lebat disertai petir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Endah Paramita mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan lebat di wilayah pegunungan, Lereng Barat dan Timur.

"Waspadai hujan lebat yang disertai petir untuk sebagian Sumatera Utara, khususnya di wilayah pegunungan, pesisir barat dan lereng timur," kata Endah Paramita di Medan.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan.

Sedangkan pada siang dan sore hari di beberapa wilayah berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga lebat serta petir.

Potensi hujan disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Dairi, Tapanuli Tengah dan sekitarnya.

Sementara, beranjak malam hari cuaca masih berawan di sebagian besar wilayah Sumut. Kecuali, di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Toba, Labuhanbatu, yang berpeluang hujan sedang hingga lebat. Sedangkan beranjak dini hari seluruh wilayah di Sumatera Utara rata-rata berawan.

Sementara suhu udara rata-rata 17.00 - 34.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 65-95 persen. Sedangkan angin berembus dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan rata-rata 10 - 30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir di sebagian wilayah Sumut

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia