KPPU Temukan Indikasi Persekongkolan dalam Proses Tender 'Lampu Pocong' Bobby Nasution

Kamis, 11 Mei 2023 – 13:28 WIB
KPPU Temukan Indikasi Persekongkolan dalam Proses Tender 'Lampu Pocong' Bobby Nasution - JPNN.com Sumut
Proyek lampu estetik atau lampu pocong yang habiskan anggaran Rp 25,7 miliar. Foto: Antara/HO-Istimewa

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut proyek lampu jalan atau 'lampu pocong' dengan anggaran Rp 25,7 miliar dinyatakan total loss atau proyek gagal. Hal tersebut berdasarkan hasil audit Inspektorat yang memerintahkan untuk menarik kembali dana yang telah dibayarkan.

"Hasil pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat terkait pengerjaan lampu estetik atau lampu pocong, maka memerintahkan dinas terkait, dalam hal ini SDABMBK, untuk melakukan penagihan menyeluruh atau proyek ini kita anggap total loss," kata Bobby Nasution saat konferensi pers, Selasa (9/5).

Menantu Presiden Jokowi ini menyebut dari total anggaran yang bersumber dari APBD itu, Pemkot Medan telah membayarkan Rp 21 miliar kepada pihak ketiga.

Dia menyebut dari hasil pemeriksaan secara menyeluruh ditemukan berbagai ketidaksesuaian baik dari sisi material, spek dan jarak antar tiang lampu menjadi temuan Inspektorat.

"Total yang sudah dibayarkan kepada pekerja atau pihak ketiga Rp 21 miliar. Jadi hari ini kami tugaskan agar Rp 21 miliar itu harus dikembalikan karena proyek ini kita anggap total loss," ungkap Bobby.

Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) menilai ada indikasi persekongkolan tender dibalik polemik tersebut.

Ketua KPPU Kantor Wilayah I Medan Ridho Pamungkas mengatakan kegagalan suatu proyek pelaksanaan pekerjaan dapat disebabkan berbagai faktor, salah satunya adanya persekongkolan dalam tender.

"Persoalan kegagalan suatu proyek pelaksanaan pekerjaan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya perencanaan yang matang, kurangnya pengawasan, ketidakmampuan pelaksanaan, kesalahan manajemen, kekurangan sumber daya, perubahan regulasi ataupun juga dapat terjadi karena adanya persekongkolan dalam tender," kata Ridho dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (11/5).

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut proyek pengerjaan 'lampu pocong' gagal, KPPU temukan indikasi persekongkolan saat proses tender
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia