7.500 Bus Beroperasi Layani Masyarakat di Sumut saat Mudik Lebaran 2023

Selasa, 18 April 2023 – 16:20 WIB
7.500 Bus Beroperasi Layani Masyarakat di Sumut saat Mudik Lebaran 2023 - JPNN.com Sumut
Ilustrasi bus pengangkutan saan mudik Lebaran 2023. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara menyebut 7.500 unit bus angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) melayani perantau di Kota Medan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Sumut Yunus Pasodung mengatakan ribuan bus AKDP teah siap untuk mengantarkan pemudik ke kampung halamannya.

"Sesuai dengan data untuk AKDP ada sekitar 7.500 unit bus yang akan melayani pemudik," kata Yunus Pasodung di Medan, Senin (17/4).

Dia mengatakan bahwa pihaknya telah mengimbau perusahaan otobus di Kota Medan dan sekitarnya agar melakukan perawatan bus rutin guna menjamin keselamatan dan kenyamanan pemudik Lebaran 2023.

Yunus mengatakan memprediksi puncak mudik Lebaran tahun ini terjadi selam 3 hari, yakni pada tanggal19 hingga 21 Apri.

"Kalau untuk AKAP (angkutan antarkota antarprovinsi), itu datanya ada di Kementerian Perhubungan," katanya.

Kepada pelaku usaha transportasi darat, pihaknya mengimbau agar tetap melayani pemudik dengan sebaik mungkin jika terjadi lonjakan jumlah pemudik di Sumut.

Yunus menegaskan bahwa Pemerintah telah menetapkan Lebaran 2023 tidak ada tuslah atau tambahan biaya angkutan darat dan bus AKAP.

Dishub Provinsi Sumut memprediksi ada 7.500 unit bus AKDP yang beroperasi melayani pemudik dari Kota Medan ke sejumlah kabupaten/kota di Sumut
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News