BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem di Sumatera Utara, Berkut Wilayahnya

Senin, 03 April 2023 – 15:45 WIB
BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem di Sumatera Utara, Berkut Wilayahnya - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Sejumlah rumah warga di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (Sumut), terendam banjir. Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan mengatakan masyarakat harus mewaspadai perubahan cuaca yang signifikan seperti hujan lebat dan angin kencang, yang bersifat lokal di Sumatera Utara.

"Potensi cuaca ekstrem itu bisa terjadi di wilayah Pantai Barat, pegunungan, dan sebagian Lereng Timur Sumatera dalam waktu yang singkat pada siang dan sore hari," kata Putri, Senin (3/4).

Dia menjelaskan secara umum cuaca pada siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah di Sumut, terutama di Karo, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, lanjutnya, hujan ringan hingga lebat terjadi di sebagian besar wilayah Sumut, terutama di Toba, Samosir, dan sekitarnya. Sedangkan pada dini hari berawan dan berpeluang hujan ringan di wilayah Mandailing Natal.

Malam hari, kata dia, berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara terutama di Toba, Samosir, dan sekitarnya.

Sedangkan pada dini hari, diprediksi kondisi berawan dan berpeluang hujan ringan di wilayah Mandailing Natal.

Sementara suhu udara rata-rata 16 sampai 33 derajat Celsius, kelembapan udara 65-98 persen, dan angin berhembus dari Barat-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG menyampaikan peringatan dini bagi masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadinya bencana alam

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News