Tiket Ludes Terjual, PT Pelni Cabang Medan Ajukan Tambahan ke Kemenhub

Senin, 03 April 2023 – 02:00 WIB
Tiket Ludes Terjual, PT Pelni Cabang Medan Ajukan Tambahan ke Kemenhub - JPNN.com Sumut
KM Kelud milik PT Pelni ketika bersandar di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan. Foto: ANTARA/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kepala Operasi PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Medan Martin Panjaitan mengatakan pihaknya akan mengajukan dispensasi untuk menjual tambahan tiket kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dia menjelaskan tiket mudik sudah terjual habis hingga 30 April 2023.

"Arus balik misalkan pada 30 April 2023 sudah terjual habis dengan keberangkatan 1.300 an penumpang. Biasanya dari kementerian perhubungan ada dispensasi penambahan penumpang. Ini kami masih menunggu surat dalam penambahan nantinya," ucap Kepala Operasi PT Pelni Cabang Medan, Martin Panjaitan, di Medan, Minggu (2/4).

Dia mengatakan setiap tahun pada arus balik Lebaran lebih meningkat dari pada arus balik mudik. Hal tersebut karena kebanyakan pemudik adalah perantau yang bekerja di luar daerah.

Tercatat dari penjualan tiket, lanjutnya, para perantauan yang bekerja atau lainnya menuju rute keberangkatan Medan ke Jakarta atau Medan ke Batam.

"Kebanyakan yang berangkat dari Pelabuhan Belawan Medan ke Batam atau Jakarta. Hal ini juga terjadi pada Natal dan Tahun Baru 2023. Tercatat, arus balik lebih cepat laku daripada arus mudik," sebutnya.

Martin mengatakan belum ada lonjakan jumlah pembelian tiket pada arus mudik Lebaran 2023 atau masih normal.

Dia mengatakan rute dan jadwa pelayaran KM Kelud pada April 2023 dalam keberangkatan dari Pelabuhan Belawan, Kota Medan, yakni pada Minggu (2/4) pukul 17.00 WIB dari dengan tujuan Tanjungbalai, Batam dan Jakarta.

Kemudian, pada Sabtu 8 April 2023 pukul 10.00 WIB menuju Batam, Kijang dan Jakarta. Lalu pada tanggal 13, 16 dan 18 April 2023, menuju Batam.

PT Pelni Cabang Medan mengatakan akan mengajukan tambahan tiket untuk kuota arus mudik
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia