Mayjen Achmad Daniel Kerahkan 37 Personel Pasukan PRCPB Tangani Longsor di Pulau Serasan

Rabu, 08 Maret 2023 – 07:30 WIB
Mayjen Achmad Daniel Kerahkan 37 Personel Pasukan PRCPB Tangani Longsor di Pulau Serasan - JPNN.com Sumut
Personel TNI Kodam I/BB akan diberangkatkan ke Desa Pangkalan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Foto: Antara/HO-Kodam I/BB

sumut.jpnn.com, MEDAN - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengerahkan 37 personel pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana (PRCPB) ke Pulau Serasan, Kepulauan Natuna.

Puluhan personel yang terdiri dari Kodim dan Batalyon Komposit (Yonkomposit) 1/GP dikirim ke lokasi banjir yang melanda wilayah Kabupaten Natuna.

"Tim PRCPB ini berkekuatan 37 orang, di antaranya 12 personel Kodim 0318/Natuna dan 25 personel Yonkomposit 1/GP," kata Mayjen Daniel melalui telepon seluler di Medan, Selasa (7/3).

Sebelumnya, bencana longsor terjadi di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepuauan Riau.Masing-masing personel akan membantu masyarakat terdampak bencana longsor di kabupaten yang merupakan pintu gerbang negara Asia Tenggara.

"Pengerahan personel merupakan bantuan kemanusiaan ini untuk mempercepat proses evakuasi, dan pekerjaan tanggap darurat lokasi bencana di Desa Pangkalan," kata dia.

Dia mengatakan pengerahan personel ini bersama rombongan Bupati Natuna Wan Siswandi, tim SAR dan BPBD menggunakan satu kapal milik pemerintah daerah dan satu kapal SAR KN Sasikirana.

Menurutnya, peristiwa bencana longsor di Desa Pangkalan akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan lereng perbukitan longsor.

Lereng perbukitan longsor sehingga menimbun perkampungan penduduk setempat hingga jalan penghubung antara Kampung Astaka ke arah Koramil 0318-06/Serasan lumpuh total.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel mengerahkan pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana (PRCPB) ke Pulau Serasan, Kepulauan Natuna
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia