Pemkot Medan akan Pasok Cabai Merah 40 Ton Per Bulan dari Kabupaten Dairi

Sabtu, 18 Februari 2023 – 10:00 WIB
Pemkot Medan akan Pasok Cabai Merah 40 Ton Per Bulan dari Kabupaten Dairi  - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kedua kanan) bersama Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu (kedua kiri) menunjukkan MoU di Sidikalang, Dairi, Sumut, Senin (6/2/2023). Foto: Antara/HO-Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalui Perumda Pasar akan mendatangkan cabai merah dari Kabupaten Dairi dengan sebanyak 40 ton per bulan untuk menekan angka inflasi di bawah lima persen.

Puluhan ton cabai merah hasil kerja sama antardaerah (KAD) itu akan dipasok petani yang tergabung dalam Koperasi Aur Dairi Botanikal, Kabupaten Dairi.

"Paling cepat bulan Mei 2023, terealisasi cabai merah dari petani Dairi sebanyak 10 ton/pekan mulai masuk ke Medan," terang Dirut Perumda Pasar Suwarno di Medan, Sumut, Jumat (17/2).

Suwarno mengatakan pasokan cabai ini merupakan realisasi KAD penghasil produk hortikultura Pemkab Dairi dan Pemkot Medan yang direncanakan tahun lalu.

Selama ini komoditi cabai merah, cabai rawit dan bawang merah adalah penyumbang inflasi terbesar sekitar 20 persen di Sumatera Utara, berasal dari Kota Medan.

Data Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan di Desember 2022 mencatat kebutuhan cabai merah sekitar 454 ton/bulan, cabai rawit 146 ton/bulan dan bawang merah 340 ton/bulan.

"Keinginan kami begitu MoU, langsung bisa ambil (cabai). Tapi petani dan pemerintah daerah enggak mau. Jadi, ada masa tanam empat bulan," kata Suwarno.

Diketahui, Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menandatangani nota kesepahaman (MoU) KAD di bidang pangan di Sidikalang, Dairi, Sumut, Senin (6/2).

Pemkot Medan menandatangani KAD pasokan cabai merah dari Kabupaten Dairi dengan jumlah 40 ton per bulan untuk menekan angka inflasi
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News