Wagub Sumut Musa Rajekshah Dorong Sport Tourism di Kawasan Danau Toba

Selasa, 14 Februari 2023 – 05:00 WIB
Wagub Sumut Musa Rajekshah Dorong Sport Tourism di Kawasan Danau Toba - JPNN.com Sumut
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (tengah) saat menjadi narasumber dalam diskusi panel terkait pengembangan pariwisata Danau Toba di Medan, Senin (13/2). Foto: Dokumentasi BPODT

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara Musa Rajekshah mengatakan industri pariwisata di kawasan Danau Toba masih terbuka dan memiliki potensi yang luar biasa. Salah satunya dengan konsep sport tourism yang efektif mendongkrak jumlah wisatawan.

Musa Rajekshah atau yang karib disapa Ijeck mengatakan even F1 Powerboat atau F1H2O menjadi salah satu bukti bahwa olahraga dan pariwisata satu kesatuan yang punya dampak yang besar terhadap perekonomian masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wagub Sumut Musa Rajekshah saat menjadi pembicara dalam diskusi panel bertajuk "Tantangan dan Peluang Pengembangan Pariwisata Olahraga di Kawasan Danau Toba" yang digelar di Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (13/2).

"Pada even Internasional F1H2O diperkirakan perputaran uang bisa mencapai Rp 200 miliar. Belum lagi pada even tersebut bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan daerah, kemudian akan menarik minat investor dan masih banyak hal positif yang muncul," kata Musa Rajekshah.

Dia mengatakan even balap perahu cepat atau F1 Powerboat yang akan digelar di perairan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, pada 24 hingga 26 Februari 2023 ini terus dipersiapkan baik oleh Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah.

Sebagai even yang baru pertama kali digelar di Indonesia, balap perahu cepat ini harus dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi lainnya.

Dalam diskusi yang digelar Forum Jurnalis Pariwisata (Forlispar) itu, Ijeck berharap akan muncul gagasan pengembangan Danau Toba melalui sport tourism.

Kombinasi olahraga dan wisata, lanjut Ijeck sangat efektif untuk menarik minat wisatawan datang ke Sumatera Utara.

Wagub Sumut dorong sport tourism untuk mendongkrak jumlah wisatawan di Danau Toba
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News