Edy Rahmayadi Bakal Bentuk Tim Tangani Banjir di Sumut

Rabu, 23 November 2022 – 17:04 WIB
Edy Rahmayadi Bakal Bentuk Tim Tangani Banjir di Sumut - JPNN.com Sumut
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat memimpin rapat penanganan banjir di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (23/11). Foto: Dinas Kominfo Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bakal membentuk tim terpadu untuk mengatasi banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumut.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut ada sekitar 17 daerah yang dilanda banjir dan longsor sejak musim penghujan di awal Oktober hingga saat ini.

"Kita harus bersama-sama, tidak bisa bila Medan yang banjir, hanya mereka yang bergerak, harus diurus sampai Deli Serdang, Binjai, karena itu kami akan bentuk tim terpadu yang fokus menuntaskan masalah ini," kata Edy Rahmayadi seusai rapat penanganan banjir di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Rabu (23/11).

Mantan Pangkostrad itu menyebut tim terpadu penanganan banjir ini akan melibatkan sejumlah lembaga, seperti Balai Wilayah Sungai (BWS), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Pemerintah Daerah dan lembaga terkait lainnya.

Dia berharap langkah-langkah yang diambil benar-benar tepat sasaran dan menyelesaikan persoalan yang tiap tahun melanda Sumut ini.

"Ada BWS di sana, yang mengatur perumahan, perusahaan, ada yang mengatur sungai itu sendiri misalnya normalisasi, ada yang mengatur infrastruktur, itulah tim terpadu nanti,” ujarnya.

Kepala BWS Sungai Sumatera II Mohammad Firman mengatakan saat ini pihaknya melakukan beberapa langkah strategis untuk penanganan sungai di Kota Medan.

Ada tiga sungai yang sedang menjadi perhatian BWS Sumatera II yaitu Sungai Deli, Bederah dan Belawan.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut ada sekitar 17 daerah yang dilanda banjir dan longsor sejak musim penghujan di aw
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News