Anak Alami Gagal Ginjal Akut di Sumut Bertambah Jadi 14 Kasus, 8 Meninggal Dunia

Senin, 24 Oktober 2022 – 19:00 WIB
Anak Alami Gagal Ginjal Akut di Sumut Bertambah Jadi 14 Kasus, 8 Meninggal Dunia - JPNN.com Sumut
Tenaga Ahli Kesehatan dari RSUPH Adam Malik dr Inke Nadia Lubis saat memberikan keterangan soal kasus gagal ginjal akut di Sumut, Senin (24/10). Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Jumlah kasus gagal ginjal akut misterius di Sumatera Utara (Sumut) bertambah menjadi 14 kasus per Senin (24/10).

Berdasarkan data yang dirilis RSUPH Adam Malik selaku rumah sakit rujukan, ke-14 kasus ini merupakan pasien dari lima kabupaten/kota di Sumut.

Adapun rinciannya, delapan pasien itu berasal dari Kota Medan. Lalu, Sibolga dan Labuhanbatu masing-masing dua kasus, serta Binjai dan Mandailing Natal satu kasus.

Tenaga Ahli Kesehatan dari RSUP H Adam Malik dr Inke Nadia Lubis menyebut dari ke-14 kasus itu, delapan diantaranya meninggal dunia, sedangkan empat sembuh dan dua orang lainnya masih dirawat.

"Sampai hari ini sudah ada 14 kasus gangguan ginjal anak yang dicatat dari tim nefrologi anak yang berpusat di RSUPH Adam Malik, dari 14 itu, delapan meninggal, dua masih dirawat dan empat sudah sembuh," ujarnya seusai Rapat Koordinasi Penanggulangan Gangguan Ginjal Akut di Aula Tengku Rizal Nurdin.

Dokter spesial anak itu mengatakan gagal ginjal akut ini biasanya menyerang anak dengan rentang usia 0-18 tahun. Namun, di Sumut, penyakit ini didominasi oleh anak dengan usia di bawah lima tahun.

"Jadi, meskipun definisi untuk gangguan ginjal akut progresif atipikal ini mencakup 0-18 tahun, tetapi seluruh kasus yang dilaporkan di Sumut ini adalah anak di bawah lima tahun," ungkapnya.

Dia menyebut berdasarkan analisis yang dilakukan oleh pihaknya, anak-anak yang mengidap gangguan gagal ginjal ini merupakan anak dengan kategori sehat atau tidak memiliki penyakit kronis sebelumnya.

Kasus gagal ginjal akut misterius di Sumatera Utara (Sumut) bertambah menjadi 14 kasus per Senin (24/10)
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia