Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius di Sumut Tersebar di 4 Daerah Ini, Lihat Dimana Saja

Sabtu, 22 Oktober 2022 – 10:00 WIB
Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius di Sumut Tersebar di 4 Daerah Ini, Lihat Dimana Saja - JPNN.com Sumut
Dinkes Sumut menyebut kasus gagap ginjal pada anak di Sumut tersebar di empat daerah. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kasus gagal ginjal akut misterius di Sumatera Utara (Sumut) hingga saat ini tercatat ada sebanyak 12 kasus.

Dari 12 kasus tersebut, delapan orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sumut Syarifah Zakia menyebut 12 kasus gagal ginjal akut ini tersebar di empat kabupaten/kota di Sumut.

Keempat daerah itu, yakni Kota Medan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Labuhanbatu, dan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Menurutnya, gejala yang dialami oleh para pasien ini juga hampir sama, yakni berupa demam dengan disertai batuk dan paling khas buang air kecil sedikit atau tidak mengeluarkan urine selama enam hingga delapan jam.

Bahkan, para pasien juga mengalami kesulitan untuk buang air kecil.

"Dinkes Sumut saat ini sedang mendata dan mencari riwayat pasien sebelum dia ke Faskes, jenis obat yang dikonsumsi, sebagai bahan investigasi,” ujarnya, Jumat (21/10).

Syarifah menyebut terkait jenis obat sirop atau cairan yang tidak boleh dikonsumsi, dia mengaku hal itu masih dalam investigasi tim kesehatan.

Kasus gagal ginjal akut misterius di Sumatera Utara (Sumut) hingga saat ini tercatat ada sebanyak 12 kasus.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News