Hati-hati! Mengonsumsi Omega 3 dan Kalsium Berlebihan Bisa Berbahaya, Kok Bisa?

Senin, 24 Oktober 2022 – 06:00 WIB
Hati-hati! Mengonsumsi Omega 3 dan Kalsium Berlebihan Bisa Berbahaya, Kok Bisa? - JPNN.com Sumut
Daging Salmon salah satu sumber omega 3. Foto: foodlife

sumut.jpnn.com - Omega 3 dan kalsium sangat dibutuhkan tubuh yang berperan memberikan perlindungan di antaranya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menunjang kinerja otak, mencegah berbagai penyakit kronis, hingga menjaga kesehatan mental.

Namun, mengonsumsi omega 3 dan kalsium yang berlebihan ternyata tidak baik bagi tubuh bahkan menjadi berbahaya. Lah, kok bisa?

Dokter spesialis gizi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) dokter Putri Sakti mengingatkan untuk tidak mengonsumsi omega 3 dan kalsium secara berlebihan, meskipun memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

"Semua nutrisi termasuk kalsium dan omega 3 ini walaupun sehat tapi kalau berlebihan pasti tidak baik, ada efek sampingnya," kata Putri saat bertemu wartawan di Jakarta, Minggu.

Dokter Putri menjelaskan, omega 3 sangat diperlukan oleh tubuh sebagai anti inflamasi atau anti radang, mengurangi risiko sumbatan pembuluh darah, serta dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Bahan makanan yang mengandung omega 3 tinggi di antaranya ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, dan ikan sarden, kacang kenari, dan kacang kedelai.

Namun, lanjutnya, asupan nutrisi tersebut harus sesuai kadar kebutuhan dan tidak berlebihan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI membagi dan menganjurkan kebutuhan Omega 3 berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Spesialis gizi menganjurkan agar tidak mengonsumsi Omega 3 dan Kalsium secara berlebihan, ternyata ada efek sampingnya...
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia