Bobby Nasution Ubah Gapura Pintu Masuk Kota Medan dengan Model Baru, Seperti Apa?

Jumat, 21 Oktober 2022 – 16:01 WIB
Bobby Nasution Ubah Gapura Pintu Masuk Kota Medan dengan Model Baru, Seperti Apa? - JPNN.com Sumut
Sejumlah pekerja sedang membongkar salah satu gapura batas kota di Medan, Sumatera Utara. Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution memugar tiga tugu pintu masuk Kota Medan dengan model baru. Ketiga gapura itu, yakni gapura di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Medan Sunggal, Jalan Sisingamangaraja Kecamatan Medan Amplas, dan Jalan Jamin Ginting Kecamatan Medan Tuntungan.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Kota Medan Endar Sutan Lubis mengatakan pemugaran ketiga gapura itu dilakukan untuk menghadirkan wajah baru Kota Medan.

Dia memastikan tidak ada penghilangan nuansa atau ornamen Melayu seperti yang ramai diisukan.

Bahkan, dia menyebut ornamen tanjak atau topi khas Melayu, tepak dan keris Melayu akan ditempatkan di gapura tersebut.

"Tidak ada ikon Melayu dihilangkan. Kami akan tempatkan tanjak, tepak dan keris Melayu di gapura yang terletak di Medan Amplas dan Jalan Gatot Subroto. Desainnya sudah disiapkan dan bisa dilihat nanti bagaimana hasilnya," kata Endar, Jumat (21/10).

Endar menyebut pihaknya akan menempatkan ornamen dari tujuh etnis lainnya yang selama ini mendiami Kota Medan. Tak hanya itu, ikon Kota Medan, seperti Masjid Raya dan Istana Maimun juga akan disertakan.

Sementara, untuk gapura di Jalan Jamin Ginting,biaya Endar, gapura akan dibangun dengan mengangkat ciri khas Suku Karo dengan ornamen seperti replika Rumah Jabo, atau Soko Sopo Angin, Tumbuk Lada dan lainnya.

Selain itu, nantinya juga akan dibangun kolam, air mancur dan taman yang bisa dimanfaatkan sebagai rest area sekaligus tempat bermain keluarga.

Wali Kota Medan Bobby Nasution memugar tiga tugu pintu masuk Kota Medan dengan model baru.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia