Pria Penimbun Ribuan Liter BBM Bersubsidi di Taput Ditangkap Polisi, Modusnya Bikin Bergeleng

Kamis, 20 Oktober 2022 – 09:00 WIB
Pria Penimbun Ribuan Liter BBM Bersubsidi di Taput Ditangkap Polisi, Modusnya Bikin Bergeleng - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Barang bukti jeriken berisi BBM subsidi. ANTARA/HO-Bid Humas Polda Aceh

sumut.jpnn.com, TAPANULI UTARA - Polres Tapanuli Utara mengamankan R (33), pelaku penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Tak tanggung-tanggung, petugas menemukan 1.400 liter BBM bersubsidi jenis biosolar.

Kasat Reskrim Polres Tapanuli Utara AKP Kristo Tamba menyebut pelaku diamankan petugas kepolisian saat sedang melancarkan aksinya di sebuah SPBU di Kecamatan Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera (Sumut) pada Selasa (18/10) lalu.

Petugas yang sudah memantau pergerakan pelaku lalu langsung membekuknya.

"Selasa dini hari, tim kami berhasil membongkar cara tersangka beraksi di sebuah SPBU yang terletak di Jalan Lintas Sumatera, Desa Pariksabungan Kecamatan Siborong-borong," kata AKP Kristo, Rabu (19/10).

Kristo menyebut pelaku melancarkan aksinya dengan datang ke SPBU mengendarai sebuah truk colt diesel. Di dalam truk tersebut telah disiapkan beberapa drum kosong oleh pelaku.

Setibanya di SPBU, pelaku lalu mengisi BBM di tangki mobilnya hingga penuh. Setelah penuh, pelaku lalu menyedot dari tangki mobil ke drum dengan menggunakan tuas yang telah dimodifikasi oleh pelaku.

"Dua jam kemudian, pelaku pergi ke SPBU untuk mengisi BBM ke tangki mobilnya kembali. Proses yang sama terjadi dan disedot ke drum hingga beberapa drum kosong di dalam mobilnya terisi. Jadi, secara kasat mata perbuatannya tidak menimbulkan kecurigaan petugas kepolisian maupun petugas SPBU," ungkapnya.

Menurut pengakuan pelaku, biosolar yang ditimbunnya itu rencananya akan dijualnya kepada pemilik kapal di Kota Sibolga dengan harga yang lebih mahal.

Polres Tapanuli Utara membekuk seorang pelaku penimbunan BBM bersubsidi jenis biosolar berinisial R (33) saat sedang menjalankan modusnya di sebuah SPBU
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News