Dampak Gempa Taput, Sejumlah Rumah Warga dan Fasilitas Umum Rusak Parah

Sabtu, 01 Oktober 2022 – 13:00 WIB
Dampak Gempa Taput, Sejumlah Rumah Warga dan Fasilitas Umum Rusak Parah - JPNN.com Sumut
Kondisi rumah warga di Kabupaten Tapanuli Utara mengalami rusak parah seusai diguncang gempa bermagnitudo 6,0, Sabtu (1/10) dini hari. Foto: BPBD Tapanuli Utara

sumut.jpnn.com, TAPANULI UTARA - Gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) bermagnitudo 6,0 menyebabkan sejumlah rumah warga dan fasilitas umum rusak parah.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menjelaskan berdasarkan laporan yang diterimanya selain rumah warga, sejumlah fasilitas umum, seperti kantor pemerintah, hingga terminal mengalami kerusakan. Termasuk tiang listrik banyak roboh.

"Dari video-video yang dikirim ke saya, ada beberapa rumah warga yang rusak," kata Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Sabtu (1/10).

Nikson sendiri belum memerinci jumlah bangunan yang rusak akibat gempa tersebut. Menurutnya, hal itu masih dalam proses pendataan.

"Belum kami dapat sepenuhnya tapi dari keterangan tadi kantor Satpol PP, terminal juga ada rusak. Kemudian ada bebrrapa tiang listrik yang roboh," sebutnya.

Politikus PDI Perjuangan itu menyebut dirinya sudah memerintahkan seluruh pemerintah desa untuk tetap waspada akan gempa susulan.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar mendirikan dapur umum bagi masyarakat.

"Kami sudah minta semua kepala desa, muspika kecamatan agar tetap waspada, tetap juga menyiapkan dapur umum, takutnya masih ada gempa susulan," sebutnya.

Gempabumi bermagnitudo 6,0 yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), membuat sejumlah rumah warga mengalami rusak parah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News