Torang Sitorus Gelar The Batak Culture Exibition, Sebagai Ajang Memperkenalkan Kebudayaan Batak

Sabtu, 24 September 2022 – 07:00 WIB
Torang Sitorus Gelar The Batak Culture Exibition, Sebagai Ajang Memperkenalkan Kebudayaan Batak  - JPNN.com Sumut
Desainer Torang Sitorus (kanan) bersama Bupati Toba Poltak Sitorus melihat salah satu artefak Batak yang dipamerkan di The Batak Culture Exhibition di Medan, Jumat (23/9). Foto: ANTARA/Evalisa Siregar

sumut.jpnn.com, MEDAN - Desainer Torang Sitorus terus mendorong agar ulos dan artefak Batak bisa lebih dikenal secara luas oleh masyarakat di dalam negeri.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk memerknealkan kain tenun khas Batak itu melalui gelaran The Batak Culture Exibition di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Ulos harus terus diperkenalkan meski saat ini ulos sudah tercatat paling banyak diminati pasar dalam negeri dibandingkan tenunan asal daerah lain," ujar Torang Sitorus saat acara pembukaan kegiatan di Kota Medan, Jumat (23/9).

Menurut Torang, ulos sebagai bagian dari unsur kebudayaan suku Batak harus terus diperkenalkan ke masyarakat luas.

Alasannya, kebudayaan Batak merupakan salah satu entitas budaya bangsa Indonesia, sehingga mengenalkan ulos adalah mengenalkan Indonesia.

Torang Sitorus meyakini dengan memberi ruang untuk memperkenalkan ulos akan memantik jiwa nasionalisme dan cinta tanah air di tengah persaingan global serta determinasi kuat budaya barat.

"Secara pribadi, saya bersyukur dan bangga, ulos saat ini tercatat menjadi tenunan yang paling banyak diminati dibandingkan yang dihasilkan daerah lain," katanya.

Untuk itu, lanjut Torang, para desainer lainnya diharapkan dapat memanfaatkan momentum meningkatnya minat masyarakat terhadap ulos saat ini.

Torang Sitorus menggelar The Batak Culture Exibition di Kota Medan sebagai upaya mengenalkan budaya suku Batak ke masyarakat luas melalui ulos dan artefak Batak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News