Bobby Nasution Berencana Bangun Plaza UMKM di Kota Medan, Dilengkapi Pusat Pelatihan

Jumat, 16 September 2022 – 15:06 WIB
Bobby Nasution Berencana Bangun Plaza UMKM di Kota Medan, Dilengkapi Pusat Pelatihan - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau stan produk lemang di Gapura Kampung UMKM, Jalan Jamin Ginting, Medan, Kamis (15/9/2022). Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution berencana akan membangun Plaza UMKM sebagai tempat untuk memasarkan produk lokal dan tempat edukasi bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Pemkot Medan akan membuat Plaza UMKM di depan Kampus USU (Universitas Sumatera Utara). Tahun depan kita mulai pembangunan fisiknya," kata Bobby usai penandatanganan MoU bersama Gojek di Medan, Kamis (15/9).

Plaza UMKM ini nantinya akan diisi dengan berbagai pelatihan sesuai bidang usaha yang digeluti, pengemasan produk, resep baru, dan memilih bahan makanan terbaik.

Bobby Nasution mencontohkan, misalnya pelaku UMKM tape di Kecamatan Medan Tuntungan akan bisa mempelajari pengemasan produk tape, sehingga menarik dan produknya dapat bertahan lebih lama.

Data Dinas Koperasi UKM Kota Medan menyebut, jumlah UMKM di daerah ini sebanyak 27.753 unit terdiri atas usaha mikro 22.213 unit, usaha kecil 5.447 unit, dan usaha menengah 103 unit.

"Kita ketahui di Kelurahan Ladang Bambu ini terkenal UMKM tapenya. Mudah-mudahan kehadiran Plaza UMKM nanti dijadikan sebagai tempat pembelajaran dalam melakukan pengemasan," jelasnya.

Wali kota juga mengungkapkan penandatanganan MoU ini sebagai bentuk dukungan Pemkot Medan dan Gojek terhadap UMKM untuk melaksanakan program Saka Sanwira (Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan).

"Saka Sanwira merupakan janji kampanye saya, dan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman. Program ini untuk menggerakkan perekonomian, dan menambah lapangan pekerjaan di wilayahnya," ucap Bobby.

Wali Kota Medan Bobby Nasution berencana membangun Plaza UMKM sebagai pusat pemasaran dan pelatihan bagi pelaku usaha mikro dan kecil di Kota Medan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News