Bobby Nasution Dorong Produk UMKM Cantumkan Label Halal: Supaya Aman

Minggu, 26 Juni 2022 – 15:46 WIB
Bobby Nasution Dorong Produk UMKM Cantumkan Label Halal: Supaya Aman  - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kiri) sedang memeriksa label halal produk yang dipasarkan oleh pasar modern di Medan. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mendorong para pelaku UMKM di Medan mencantumkan label halal pada produk yang dihasilkan. Hal tersebut menurutnya sebagai jaminan mutu.

"Selain sebagai upaya untuk meningkatkan mutu, tujuan labelisasi halal juga guna memastikan suatu produk layak dan aman dikonsumsi," kata Bobby Nasution, Sabtu.

Bobby Nasution mengatakan labelisasi merupakan bentuk perlindungan pemerintah terhadap konsumen, sehingga UMKM lebih maju dan berkembang ke depannya.

Berdasarkan data Dinas Kooperasi UMKM Kota Medan menyebut jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Medan jumlahnya 27.753 unit terdiri atas usaha mikro 22.213 unit, usaha kecil 5.447 unit, dan usaha menengah 103 unit.

"Dengan sertifikasi halal ini, konsumen tentu akan lebih tenang dalam mengonsumsi suatu produk yang dihasilkan pelaku UMKM," kata Bobby.

Sementara itu, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, Wahyu Ario Pratomo, menilai upaya Pemkot Medan ini sangat tepat karena kelemahan produk UMKM, khususnya kuliner tidak memiliki label halal.

"Padahal label halal jelas penting untuk memberikan kepastian bagi umat muslim bahwa makanan yang di konsumsi telah sesuai dengan ajaran Islam. Apalagi penduduk Kota Medan sebagian besar muslim," tutur dia.

Dengan label Halal, terang dia, produk UMKM Kota Medan berpeluang mencapai pasar global, seperti diekspor ke negara-negara mayoritas penduduknya muslim, seperti Timur Tengah.

Bobby Nasution mendorong pelaku UMKM di Medan mulai menggunakan label halal pada produknya sebagai upaya menjaga mutu dan memberi jaminan kepada konsumen
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News