Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Nias Utara, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Kamis, 08 September 2022 – 22:49 WIB
Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Nias Utara, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami - JPNN.com Sumut
Gempa bumi di Nias Utara. Foto: ANTARA/HO-BMKG

sumut.jpnn.com, NIAS UTARA - Gempa tektonik magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Nias Utara, Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (8/9) sore.

BMKG menyampaikan pusat gempa berada pada koordinat 1,47° LU ; 96,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 7 Km arah Barat Laut Lahewa, Nias Utara, Sumatera Utara, pada kedalaman 26 km.

Kendati demikian, gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Nias Barat dengan skala intensitas III-IV MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Kemudian, skala intensitas III MMI dirasakan di daerah Nias Utara.

Sedangkan di daerah Gunung Sitoli dan Aceh Singkil dengan skala intensitas II-III MMI yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, dan di daerah Pasie Raja-Aceh Selatan dan Pulau Banyak dengan skala intensitas II MMI.

Gempa tektonik mengguncang wilayah Kepulauan Nias tepatnya berpusat di Nias Utara dan getarannya turut dirasakan sampai ke Aceh
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia