Delegasi W20 Summit Tabur 30 Ribu Bibit Ikan ke Danau Toba, Lihat Petugas Bersiaga

Rabu, 20 Juli 2022 – 22:53 WIB
Delegasi W20 Summit Tabur 30 Ribu Bibit Ikan ke Danau Toba, Lihat Petugas Bersiaga  - JPNN.com Sumut
Delegasi Summit Women 20 (W20) dari sejumlah negara disela kegiatan berkesempatan mengikuti tabur bibit ikan di Danau Toba tepatnya di Pelabuhan Sialagan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu. Foto: ANTARA/Juraidi

sumut.jpnn.com, SAMOSIR - Puluhan delegasi Women 20 (W20) Summit dari sejumlah negara yang dipusatkan di Niagara Hotel, Parapat, Kabupaten Simalungun, melakukan sejumlah kegiatan di Danau Toba.

Salah satunya yakni menabur puluhan ribu bibit ikan di Pelabuhan Siallagan, Kabupaten Samosir, Rabu (20/7).

Sebelum melakukan kegiatan pelestarian lingkungan tersebut, para delegasi disambut tarian Tor-tor, yang kemudian dilanjutkan dengan pelepasan bibit ikan langsung ke perairan Danau Toba.

Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr Tumiur Gultom mengatakan ada sebanyak 30 ribu bibit ikan yang ditebar di perairan Danau Toba itu.

"Sebagian besar ikan yang ditebar adalah ikan mas dan ikan nila. Kenapa kedua jenis ikan itu yang kita tebar, karena keduanya adalah ikan endemik atau ikan yang memang sejak dulunya sudah ada di Danau Toba," kata Tumiur Gultom.

Dia menjelaskan selain merupakan ikan endemik, jenis ikan tersebut punya ketahanan yang lebih kuat dari jenis ikan lainnya.

Sehingga, diharapkan akan tumbuh besar dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tumiur berharap setelah delegasi W20 Summit menabur puluhan ribu bibit ikan di perairan Danau Toba itu, akan berdampak bagi nelayan dan dapat memenuhi konsumsi protein.

Para delegasi dari berbagai negara yang hadir dalam Women 20 Summit mengikuti kegiatan sosial yakni menabur puluhan bibit ikan ke perairan Danau Toba, lihat
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News