Menparekraf Sandiaga Uno Bicara Dampak Pemblokiran Google Bagi Pariwisata, Gawat!

Selasa, 19 Juli 2022 – 20:55 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno Bicara Dampak Pemblokiran Google Bagi Pariwisata, Gawat! - JPNN.com Sumut
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno seusai menghadiri acara W20 di Hotel Niagara Parapat, Selasa (19/7). Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, PARAPAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan dampak yang akan terjadi  jika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir platform digital seperti google.

Menurutnya, pemblokiran itu akan sangat menggangu jalannya pariwisata dan ekonomi kreatif. Termasuk dalam hal google maps yang selama ini menjadi solusi basis lokasi bagi para wisatawan.

Untuk mencegah hal itu terjadi, pria yang akrab disapa Sandi itu mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Kominfo soal wacana pemblokiran itu.

"Ini yang terus kami lakukan langkah- langkah koordinatif dengan Kemenkominfo, Kami pastikan semuanya nanti akan terakomodir agar tidak merugikan masyarakat dan tetap memberdayakan para UMKM yang sangat bergantung pada location base solution," ujarnya seusai menghadiri acara W20 di Hotel Niagara Parapat, Sumut, Selasa (19/7).

Sandi mengaku optimistis pemblokiran itu tidak akan terjadi. Dia berharap sebelum tenggat jadwal pemblokiran, platform tersebut telah mendaftarkannya dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

"Kami cukup yakin, optimis, sebelum tenggat waktu, ini bisa tersolusikan. Yang sangat menarik ternyata banyak solusi lain juga yang harus dikembangkan oleh aplikasi-aplikasi dalam negeri. Itu yang akan kami harapkan," sebut Sandiaga Uno.

Seperti diketahui platform digital seperti Google, Facebook, Instagram, WhatsApp terancam diblokir oleh Kominfo. Pasalnya, aplikasi tersebut belum terdaftar dalam PSE Lingkup Privat.

Pemerintah sendiri menegaskan batas akhir pendaftaran PSE Lingkup Privat itu sampai 20 Juli 2022.(mcr22/jpnn)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan dampak yang akan terjadi jika Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir platform digit

Redaktur : Muhlis
Reporter : Finta Rahyuni

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia