BPODT Sambut Gelaran W20 Summit di Danau Toba Sebagai Ajang Pamer Pariwisata dan Ekraf

Rabu, 13 Juli 2022 – 07:00 WIB
BPODT Sambut Gelaran W20 Summit di Danau Toba Sebagai Ajang Pamer Pariwisata dan Ekraf - JPNN.com Sumut
Direktur Utama Badan Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan (tengah) saat menyampaikan kesiapan pihaknya menyambut gelaran Women 20 (W20) di Danau Toba, Sumut, Selasa (12/7). Foto: Muhlis/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) akan menyiapkan sejumlah agenda untuk mendukung gelaran Women 20 (W20) Summit di Danau Toba. Puncak acara berskala Internasional itu rencananya akan dilaksanakan pada 19-20 Juli 2022.

Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan pihaknya akan menjadi host event dan memanfaatkan ajang bergengsi tersebut untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) di kawasan Danau Toba.

"Ini adalah sebuah kehormatan bagi BPODT untuk turut berpartisipasi pada event internasional ini. BPODT akan menjadi host event di tanggal 20 Juli 2022, yang akan diselenggarakan di kawasan otoritatif pariwisata Danau Toba, Toba Caldera Resort, Kabupaten Toba," kata Jimmy Panjaitan, di Medan, Selasa (12/7).

Dia menjelaskan penyelenggaraan W20 Summit akan dijadikan sebagai momentum untuk mendongkrak potensi pariwisata Danau Toba, yang diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Apalagi, lanjutnya, kegiatan tersebut dihadiri oleh delegasi dari negara anggota 20, perwakilan kedutaan besar dan perwakilan dari berbagai asosiasi perempuan Internasional maupun nasional.

Sejumlah pesohor dijadwalkan hadir dalam gelaran tersebut, seperti aktris Anne Hathaway, Melinda French, Ratu Yordania Rania Al-Abdullah hingga Ratu Belanda Máxima Zorreguieta Cerruti.

Jimmi Panjaitan mengatakan pada kegiatan tersebut BPODT akan memfasilitasi pameran produk-produk UMKM masyarakat setempat kepada delegasi. Misalnya, produk tenun yang menjadi salah satu upaya pemberdayaan perempuan. Sehingg tenun masyarakat lokal dikenal ke mancanegara.

Selain itu, lanjut Jimmy, pihaknya akan berkolaborasi dengan delapan kabupaten di kawasan Danau Toba untuk menggelar pameran yang akan menampilkan berbagai produk ekonomi kreatif. Pameran tersebut akan digelar selama 10 hari yang dimulai dari 15-24 Juli 2022 di Pantai Bebas Parapat.

BPODT akan menyiapkan sejumlah kegiatan saat gelaran Women 20 (W20) yang akan dilaksanakan di Danau Toba dalam waktu dekat
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News