Puluhan Polisi Dikerahkan, Eksekusi Gedung Sekretariat RKI di Medan Ricuh, Beberapa Luka-luka

Rabu, 13 Juli 2022 – 13:42 WIB
Puluhan Polisi Dikerahkan, Eksekusi Gedung Sekretariat RKI di Medan Ricuh, Beberapa Luka-luka - JPNN.com Sumut
Puluhan aparat kepolisian berseragam lengkap saat mengawal proses eksekusi Gedung D'Caldera Coffee dan Sekretariat Rumah Karya Indonesia (RKI). Foto: Muhlis/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Proses eksekusi gedung dan lahan D'Caldera Coffee dan Rumah Karya Indonesia (RKI) yang terletak di Jalan Sisingamangaraja Medan No. 132 Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, ricuh, Rabu (13/7).

Puluhan polisi berseragam lengkap dan berpakaian preman dikerahkan saat eksekusi oleh Pengadilan Negeri (PN) Medan tersebut.

Pemilik gedung dr John Robert Simanjuntak, pengurus RKI dan Yayasan Sisingamangaraja serta elemen masyarakat lainnya sempat menghadang dan menolak proses eksekusi. Alhasil, bentrokan fiski tak terhindarkan.

Massa yang mencoba mempertahankan gedung tersebut dengan mudah dipukul mundur oleh petugas kepolisaian yang memakai tameng. Proses eksekusi ricuh, beberapa orang terluka dan 33 orang ditangkap polisi.

Puluhan Polisi Dikerahkan, Eksekusi Gedung Sekretariat RKI di Medan Ricuh, Beberapa Luka-luka

Megawati Simanjuntak menangis meminta kepada kepolisian agar segera melepaskan anggota keluarganya yang diamankan aparat dalam bentrokan saat eksekusi berlangsung. Foto: Muhlis/JPNN.com

"Kami bukan perampok pak Kapolri, kami yang punya tanah ini yang sah, sudah diuji dan sudah mereka gugat tapi kami yang menang. Tetapi mengapa kami yang terusir," teriak Megawati Simanjuntak, adik dari dr John Robert Simanjuntak.

Proses pengosongan gedung tersebut akhirnya tetap dilakukan. Petugas kepolisian, PN Medan dan kuasa hukum penggugat langsung menutup gedung tersebut dengan seng. Sementara keluarag John Robert dengan derai air mata harus mengangkat barang-barang dari dalam gedung.

Kuasa hukum pemohon eksekusi Oktaman Simanjuntak di lokasi mengatakan poroses eksekusi tersebut telah dilakukan penggugat sesuai dengan prosedur, yang mana hal tersebut dilaksanakan berdasarkan keputusan pengadilan negeri, pengadilan tinggi dan mahkamah agung.

Proses eksekusi lahan dan gedung D'Caldera Coffee dan Sekretariat Rumah Karya Indonesia di Medan berlangsung ricuh. Sejumlah orang luka-luka
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia