OIF UMSU Gelar Penentuan 1 Zulhijah 1443 H, Begini Hasilnya

Rabu, 29 Juni 2022 – 21:02 WIB
OIF UMSU Gelar Penentuan 1 Zulhijah 1443 H, Begini Hasilnya - JPNN.com Sumut
Petugas dari OIF UMSU saat memantau hilal untuk penentuan 1 Zulhijah 1443 Hijiriah. Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Observatif Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan rukyatul hilal penentuan 1 Zulhijah 1443 Hijiriah, Rabu (29/6).

Pemantauan itu dilakukan di kampus Pascasarjana UMSU di Jalan Denai, Kecamatan Medan Denai Medan.

Kepala OIF UMSU Arwin Juli Rakhmadi menyebut pihaknya telah melakukan pemantauan sejak Selasa (28/9), hingga berlanjut pada hari ini.

Berdasarkan hasil pengamatan, ketinggian hilal di Kota Medan pada hari ini mencapai sekitar 2° dan sudut elongasi 4° serta umur hilal yang baru mencapai 10 jam.

"Ketinggian hilal telah mencapai 2° sekian menit, artinya tidak sampai 3. Kemudian sudut elongasi juga baru 4° sekian< belum sampai 6,4°," kata Arwin.

Berdasarkan hasil tersebut, kata Arwin, telah memenuhi kriteria penetapan 1 Zulhijah bagi Ormas Muhammadiyah. Dengan begitu, Muhammadiyah menetapkan 1 Zulhijah pada hari ini.

"Secara astronomis, secara hisab, bisa dipastikan bahwa hari ini setelah matahari terbenam karena posisi hilal sudah positif, sudah dua derajat sekian, maka Muhammadiyah menyatakan bahwa tanggal 1 Zulhijah sudah masuk malam hari ini," ujarnya.

Sementara untuk penentuan 1 Zulhijah dari Kementerian Agama dan ormas lainnya, Arwin sendiri belum bisa memastikan. Pasalnya, penetapan itu baru dipastikan berdasarkan laporan pemantauan hilal yang dilakukan di sejumlah daerah, termasuk Kota Medan.

Observatif Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan rukyatul hilal penentuan 1 Zulhijah 1443 Hijiriah, Rabu (29/6).
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia