Minyak Goreng di Sumut Masih Mahal, Harga Migor Curah di atas HET

Senin, 27 Juni 2022 – 09:37 WIB
Minyak Goreng di Sumut Masih Mahal, Harga Migor Curah di atas HET - JPNN.com Sumut
Harga minyak goreng di pasar Sumatera Utara (Sumut) masih berada di atas harga eceran tertinggi (HET). Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Harga minyak goreng curah di Sumatera Utara (Sumut) tercatat masih mahal atau di atas harga eceran tertinggi (HET). Migor curah rata-rata dijual di pasaran Rp 14.000 per liter.

Berdasarkan pantauan pasar di Kota Medan, minyak goreng curah masih dijual di harga Rp 16.000 per liter. Sedangkan harga minyak goreng premium berada di harga Rp 25.000 per liter.

"Harga minyak goreng curah memang masih belum sesuai HET atau rata-rata Rp16.000 per liter," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Barita Sihite.

Sementara itu untuk minyak goreng premium dalam kemasan dijual di harga Rp 25.000 per liter atau 2 liter sekitar Rp 48.000.

"Yang paling penting, ketersediaan minyak goreng curah di Sumut cukup memadai untuk kebutuhan konsumen di daerah ini," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk pasokan minyak goreng di Sumut saat ini masih aman dan berada di atas kebutuhan harian yakni 1.645 ton untuk migor curah dan 2.468 ton untuk minyak kemasan premium.

Sekretaris Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumut Darma Sucipto mengatakan harga rata-rata CPO di Juni turun atau tinggal sekitar Rp 11.000 per kilogram.

Namun, harga tersebut turun dari harga rata-rata di Mei yang berada di sekitar Rp 13.000 per kilogram dan bahkan pada April harga CPO berada di rata-rata Rp 16.000 per liter.

Harga minyak goreng curah dan kemasan di pasar Sumatera Utara (Sumut) rata-rata masih di atas harga eceran tertinggi (HET)
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News