Vaksinasi PMK Perdana di Sumut Dimulai, Hanya Ternak Ini yang Kebagian Dosis Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 – 19:00 WIB
Vaksinasi PMK Perdana di Sumut Dimulai, Hanya Ternak Ini yang Kebagian Dosis Vaksin - JPNN.com Sumut
Petugas saat memberikan vaksin PMK kepada hewan ternak di Kabupaten Deli Serdang, Senin (27/6). Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN. Com

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - Vaksinasi Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan ternak di Sumatera Utara (Sumut) mulai dilakukan per hari ini, Senin (27/6).

Kepala Seksi Obat Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Hendra Sutrisno menyebut untuk tahap awal, Pemprov Sumut hanya mendapat alokasi sebanyak 1.600 dosis. Vaksin ini pun sudah dialokasikan ke tujuh kabupaten/kota di Sumut.

"Kami Provinsi Sumut mendapat alokasi tahap awal 1.600 dosis dan itu kami sudah alokasikan ke tujuh kabupaten/kota," kata Hendra Sutrisno saat meninjau vaksinasi PMK di Kabupaten Deli Serdang.

Hendra mengatakan vaksinasi PMK tahap awal ini diprioritaskan hanya untuk kerbau dan sapi perah. Pasalnya, kedua hewan dengan jenis ini lebih rentan untuk terkena PMK.

"Target kami memang harus sapi perah dan kerbau dulu. Selanjutnya nantinya kalau misalnya vaksinnya sudah ada lagi baru ke sapi lain," ujarnya.

Hewan yang akan menerima vaksin, kata Hendra, juga memiliki kriteria. Bagi hewan yang telah positif terkena PMK, tidak perlu lagi untuk divaksin.

Sebab, kata Hendra, hewan tersebut sudah memiliki kekebalan tubuh seusai dinyatakan positif PMK. Dia mencatat saat ini ada sebanyak 11.577 kasus positif PMK yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Sumut.

Tak hanya itu, Hendra juga menyebut hewan yang akan dikurbankan juga tidak perlu untuk divaksin. Pasalnya Hari Raya Iduladha akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Vaksinasi Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan ternak mulai dilakukan per hari ini, Senin (27/6).
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia